Khasiat Dan Manfaat Jahe Untuk Pengobatan

Khasiat Dan Manfaat Jahe Untuk Pengobatan
Seperti halnya kunyit, Jahe juga merupakan umbi dari tanaman jahe. Dikenal dengan nama jae di Jawa, jahe di Sunda atau Zingiber officinale

Jahe juga merupakan tanaman daerah asia tenggara. Banyak digunakan dinegara Cina dan India, serta merupakan rempah-rempah timur yang pertama kali di kenal di daratan eropa. Pada umumnya jahe di gunakan sebagai bumbu gulai,opor, dan berbagai masakan lainnya. Jahe juga di olah menjadi berbagai produk makanan dan minuman, seperti kembang gula, manisan, acar, serbat, ginger ale, dan ginger beer.

Rasa pedas dari jahe disebabkan oleh suatu zat yang di sebut gingerol atau zingiberol, sedangkan bau khas jahe di timbulkan oleh minyak atsiri yang terdiri dari cineol, borneol, kamfena, phellandrena, dan zingiberena.
Khasiat dan manfaat jahe untuk bumbu dan obat biasanya dipilih jahe yang kecil dan berserat karena jahe yang demikian mengandung lebih banyak zat pedas yang di butuhkan.

Jika di gosokan pada tubuh, jahe dapat memperlancar aliran darah dibawah kulit, memberi rasa hangat, merangsang pengeluaran keringat sehingga dapat menurunkan suhu tubuh. Jahe dianggap dapat merangsang air liur serta melancarkan pencernaan makanan, jahe dapat digunakan untuk menanggulangi gangguan pada perut, hati, serta rematik.

Khasiat dan manfaat jahe yang lain adalah,  meminum air rebusan jahe sangat baik bagi orang yang sedang batuk atau kedinginan untuk mengurangi penderitaannya. Sedangkan untuk mengobati masuk angin dapat di gunakan perasan jahe yang di bubuhi sedikit garam.
Daun ditumbuk dan diberi sedikit air untuk obat kompres pada sakit kepala, dan dicampur dengan makanan untuk obat sakit kepala.

Rimpang ditumbuk dan direbus dengan air mendidih selama lebuh kurang ½ jam, lalu airnya diminum sebagai obat penguat pencernaan makan dan mengusir gas yang ada dilalamnya.

Setengah jari rimpang ditumbuk dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Airnya diminum sebagai obat batuk dan demam (2-3 kali sehari.

Rimpang ditumbuk bersama cengkeh, dapat digunakan sebagai obat luar rematik.

Rimpang ditumbuk lalu digunakan sebagai obat gosok pada penyakit gatal karena gigitan serangga.

Semoga Bermanfaat.....

Baca Artikel Ilmu Kesehatan Dan Obat Tradisioanal Lainnya:

0 komentar:

Poskan Komentar